Sunday, December 2, 2012

Jogja Hip Hop Foundation Gelar 12 Konser di Tujuh Kota di Amerika Serikat


Hip Hop Bahasa Jawa Menggema di AmerikaSELAMA sebulan, Jogja Hip Hop Foundation menyinggahi tujuh kota di Amerika dan menggelar 12 kali konser. Selain itu mereka juga memutar film dokumenter `Hiphopdiningrat' dan berkesempatan menginjakkan kaki di Gedung Putih.

Kelompok musik ikon Yogyakarta, Jogja Hip Hop Foundation (JHF) tampil memukau di John F Kennedy Center for the Performing Arts di Washington, DC, Selasa, (20/11/2012) pukul enam sore waktu setempat, atau Rabu (21/11/2012) pagi. Di negeri Paman Sam tersebut, mereka memainkan lagu-lagu hip hop bahasa Jawa.

Sejak 12 November lalu, selain tampil di John F. Kennedy Center for the Performing Arts, mereka juga tampil di tiga stage berbeda, yaitu Lincoln Center, New York yang merupakan tempat kelahiran hip hop.
Menurut seorang di antara anggota JHF, Anto Gantazz yang dihubungi Tribun Jogja (Tribun Network), masyarakat di Amerika memberikan apresiasi yang sangat bagus bagi kehadiran musik hip hop berlirik bahasa Jawa. "Terutama di Bronx, saya nggak nyangka bisa, penonton di Bronx suka hip hop Jawa. Apresiasi mereka luar biasanya besarnya," katanya.

Selain mendapat sambutan luar biasa dari penonton di Bronx, pada pentas malam itu, anak-anak Yogya ini sempat bercengkerama dengan sejumlah kelompok Hip Hop yang selama ini jadi legenda. "Kami juga bertemu Rephstar, Patty Dukes, dan Chief 69. Meski mereka sudah jadi legenda (hip hop,red) tapi mereka sangat rendah hati," ujar Anto.

Saat tampil di Bronx, JHF mengawali dengan lagu `Song Of Sabdatama'. Mereka tampil dengan belakang footage video mereka yang menampilkan banyak ikon kota Yogyakarta.

Setelah itu sejumlah lagu yang sudah akrab di telinga warga Yogya dimainkan mereka dan membuat penonton berjingkrak. Penampilan heboh itu, mereka tutup dengan 'lagi wajib' warga Yogya, `Jogja Istimewa'.

Saat mereka tampil, situs http://www.kennedy-center.org/programs/millennium/ menyiarkannya langsung ke seluruh penjuru dunia.  Sukses menghangatkan Bronx, Jogja Hip Hop Foundation melanjutkan turnya di Amerika Serikat dan tampil di beberapa tempat, antara lain Scottsdale dan negara bagian California; Davis, Santa Barbara, dan San Francisco.

JHF menjalani tur di Amerika selama sebulan hingga 12 Desember 2012 mendatang. Mereka mensinggahi tujuh kota dengan 12 kali show, dan terlibat dalam beberapa aktivitas komunitas dan akademis, serta pemutaran film dokumenter `Hiphopdiningrat'.

Selain kesenian, mereka akan berkesempatan menginjakkan kaki di Gedung Putih, dan bertemu beberapa pejabat dari kementrian terkait, di pemerintahan Barack Obama.

Kali ini, kehadiran JHF ke negeri Paman Sam ini atas nama program Center Stage US, sebuah program yang diinisiasi New England Foundation for The Arts bersama US Department of State's Bureau of Educational and Cultural Affairs dan US Regional Arts.

Selain JHF, sejumlah seniman dari beberapa negara juga akan mepresentasikan karyanya kepada masyarakat Amerika. Di antaranya, artis-artis dari Haiti dan Pakistan, telah tampil di panggung Kota Bronx, kemarin.

Pendiri JHF, Marzuki Mohammad berujar, dalam perjalanannya ke negeri Paman Sam itu, ia benar-benar terkesima pada New York. "Selalu mengagumkan bisa datang ke sini. Hip-hop kini telah menjadi budaya global dan Anda dapat menemukannya di Afrika, Asia dan di mana-mana," ujar rapper dengan dikenal dengan nama Kill The Dj ini.Marzuki dan kawan-kawan, sebelumnya sudah 'melancong' ke New York, saat mereka diundang untuk pentas di awal 2011. (Tribunnews)
TRIBU
No comments :

No comments :

Post a Comment